MANFAAT TANAMAN HERBAL (MENIRAN, MIMBA, & MINDI KECIL) BAGI KESEHATAN


MENIRAN (Phyllanthus niruri)

 

1.      Nama daerah : Memeniran, Meniran Merah, Meniran Ijo

2.      Khasiat dan Cara Penggunaan

a.  Badan Bengkak Akibat Radang Ginjal

Cuci 50 gram meniran segar seutuhnya lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan air saringannya dibagi untuk 3 kali minum (dapat ditambahkan madu seperlunya), pengobatan dilakukan sehari 3 kali, masing-masing ½ gelas.

b.  Batu Saluran Kencing

Sediakan bahan-bahan segar meniran seutuhnya, daun sendok, dan daun tempuyung (masing-masing 30 gram), lalu rebus dalam 4 gelas air, sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya dibagi untuk 2 kali minum, pagi dan sore.

c.   Nyeri Sewaktu Kencing Akibat Radang Kandung Kencing

Sediakan bahan segar meniran seutuhnya dan daun kumis kucing (masing-masing 30 gram). Cuci bahan-bahan tersebut, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin saring dan air saringannya diminum, sehari 3 kali, masing-masing 3 gelas.

d.  Disentri

Rebus 30 – 60gram meniran segar dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Jika kotoran penderita terus-menerus berlendir, tambahkan gula enau ke dalam air rebusan tersebut, sedangkan jika kotorannya disertai darah tambahklan gula batu secukupnya. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus, lakukan 2 kali sehari.

e.   Hepatitis

Cuci 30 – 60gram tanaman meniran segar, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus. Lakukan setiap hari selama 1 minggu, sehari hanya sekali minum.

f.      Rabun Senja

Cuci 15 – 20gram tanaman meniran segar, lalu tim dengan 2 potong hati ayam. Setelah dingin, makan hatinya dan minum airnya.

g.   Rematik Gout

Sediakan 1 sendok makan daun meniran dan 7 lembar daun kumis kucing (keduanya bahan segar), lalu cuci sampai bersih. Rebus dalam 1 gelas air bersih sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum sekaligus.

h.  Digigit Anjing Gila

Cuci 4 – 6tanaman meniran (untuk mengobati anak kecil gunakan seperuhnya). Rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum. Untuk pemakaian luar, giling tanaman meniran segar dan nasi dingin sampai halus (jumlahnya sama banyak). Tempelkan ramuan tersebut pada luka gigitan, kemudian balut dengan kain perban.

 

Catatan: Jangan terlalu berlebihan minum air rebusan tanaman meniran karena dapat menyebabkan lemah syahwat.

MIMBA (Azadirachta indica)

 

1.      Nama daerah : Mimba

2.      Khasiat dan Cara Penggunaan

a.   Demam

Cuci daun mimba segar (10 gram). Rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring, lalu minum sekaligus. Lakukan 2-3 kali dalam sehari.

b.   Eksim, Radang Kulit

Cuci daun mimba segar secukupnya, lalu giling sampai halus. Bubuhkan pada kelainan kulit, lalu balut.

c.    Eksim

Rebus kulit kayu sebanyak 50 gram dengan 750 ml air. Setelah dingin, gunakan untuk membasuh kulit yang bermasalah.

d.   Kutu Kepala

Masukan 5 – 10tetes perasan daun mimba segar kedalam 1 cangkir air. Gunakan untuk membasahi rambut kepala yang berkutu dan mengandung telurnya.

 

MINDI KECIL (Melia azedarach L.)

 

1.      Nama daerah : Mindi

2.      Khasiat dan Cara Penggunaan

a.   Cacing Gelang (Ascariasis)

Cuci kulit kayu mindi kecil yang kering (15 – 30gram), lalu iris tipis-tipis. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus pada malam hari. Lakukan selama 2 – 3hari.

b.   Cacing Tambang (Ankylostoma)

Cuci kullit kayu mindi kecil yang kering dan biji pinang (masing-masing 15 gram), lalu iris tipis-tipis. Rebus dengan 3 gelas air sampai air rebusannya tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum airnya sekaligus pada malam hari.

c.    Skabies

Tambahkan cuka pada bubuk kulit kayu atau kulit akar secukupnya, lalu aduk sampai merata. Birehkan pada bagian kulit yang gatal. Lakukan 3–4 kali sehari sampai sembuh.

d.   Kudis

Cucidan tumbuk sampai halus daun mindi kecil yang masih segar (secukupnya). Bubuhkan pada bagian kulit yang kudis, lalu balut. Lakukan 3 kali sehari.

e.    Tekanan Darah Tinggi

Cuci daun mindi kecil yang segar (7 lembar), lalu rebus dengan 2 gelas air sampai air tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum sehari 2 kali, masing-masing ½ gelas.

 

 

 

 

-------------------<< Semoga Bermanfaat >>-------------------

 

 

LihatTutupKomentar