MANFAAT MAKAN BUAH KURMA BAGI KESEHATAN



Kurma atau dalam bahasa ilmiahnya Dactylifera Phoenix, merupakan buah asli dari Semenanjung Arab, Timur Tengah dan Afrika Utara. Kurma adalah salah satu buah dengan kandungan gizi terlengkap. Selain tinggi energi terutama karbohidrat (glukosa, fruktosa), kurma juga mengandung mineral besi yang berperan dalam metabolisme energi.

Kandungan buah kurma       

                                                                                                                                                       
Macam-macam kurma

a)        Kurma basah
Kurma basah bermanfaat mencegah terjadinya perdarahan bagi wanita yang melahirkan, mempercepat proses persalinan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala ketika sebelum waktu kehamilan yang berikutnya. Hal ini karena didalam kurma basah terkandung hormon yang menyerupai hormon oksitosin yang dapat membantu suatu proses kelahiran.

b)        Kurma kering
Kurma kering berkhasiat dapat menguatkan sel-sel usus dan membantu melancarkan saluran kencing, karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim, ketika melahirkan.

Manfaat buah kurma bagi kesehatan

1.             Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke
Kalium dalam kurma adalah komponen yang penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke. Selain itu, kurma juga mengandung mineral potasium 260 persen lebih tinggi dari pada jeruk dan 64 persen lebih tinggi dibanding pisang. Dalam terapi hipertensi, kurma dapat membuat dinding pembuluh darah tetap elastis serta mengikat karbon dioksida dalam darah.

2.             Mencegah Kanker Paru-paru dan Kanker Rongga Mulut
Zat antioksidan flavonoid dalam buah kurma sepeti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Zat-zat antioksidan ini memiliki kemampuan dalam melindungi sel-sel tubuh terhadap radikal bebas sehingga melindungi tubuh terhadap kanker paru-paru dan rongga mulut. Kurma juga merupakan sumber vitamin A yang diketahui dapat membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.

3.             Mengatasi Masalah Sembelit
Sebagai makanan laksatif (laxative food), buah kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi. Kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu membersihkan usus besar dan melancarkan pencernaan.

4.            Mencegah Kanker Usus Besar
Buah kurma kaya akan serat yang dapat mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat buah kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan cara mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar. Buah kurma yang berserat tinggi juga mampu mencegah terjadinya kanker usus besar.

5.            Mencegah Anemia
Buah kurma kering mengandung zat besi yang tinggi sehingga membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan mencegah anemia. Buah kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Zat besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.

6.            Sumber Energi
Dalam buah kurma terkandung gula alami glukosa, sukrosa, dan fruktosa tinggi yang dapat meningkatkan energi. Untuk itu, buah kurma sangat bagus dikonsumsi saat berbuka puasa karena dapat menggantikan kalori kita yang berkurang sesudah puasa. Buah kurma juga kaya akan mineral dan mengandung fitonutrien, zat yang berkhasiat dapat meningkatkan stamina dalam tubuh.




Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membaca terimakasih ................... ^_^
Semoga sehat selalu aamiin



LihatTutupKomentar