10 MANFAAT MINUM AIR HANGAT DI PAGI HARI

 



Minum air putih sangat baik untuk tubuh agar tetap terhidrasi. Beberapa penelitian ilmiah menemukan manfaat minum air hangat bagi tubuh, yaitu membantu meningkatkan pencernaan, melegakan hidung tersumbat, dan relaksasi dibandingkan dengan minum air dingin. Minum air hangat di pagi hari atau sebelum tidur bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

Peneliti merekomendasikan suhu optimal antara air 54 hingga 71 derajat celcius. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tambahkan sedikit vitamin C seperti lemon ke air hangat untuk membuat air lemon.

Dikutip dari Healthline, berikut 10 manfaat minum air hangat di pagi hari.

1. Dapat meredakan hidung tersumbat

Secangkir air hangat menghasilkan uap. Menghirup uap dalam-dalam dapat membantu melonggarkan hidung tersumbat dan bahkan meredakan sakit kepala akibat sinus.

Minum air hangat di pagi hari dapat membantu menghangatkan hidung dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir. Studi pada 2008 mengungkapkan minuman hangat seperti teh, meringankan ingusan, batuk, sakit tenggorokan, dan kelelahan.

2. Melancarkan pencernaan

Minum air hangat di pagi hari membantu menjaga sistem pencernaan agar lancar. Saat air bergerak melalui perut dan usus, tubuh lebih mampu membuang kotoran. Studi pada 2016 menemukan bahwa minum air hangat mungkin memiliki efek pada pergerakan usus dan pengeluaran gas setelah operasi. Meski begitu, perlu ada penelitian lebih mendalam mengenai kegunaan air hangat sebagai minuman pelancar pencernaan.

3. Meningkatkan fungsi sistem saraf pusat

Kurang minum bisa berpengaruh pada fungsi sistem saraf, yang bisa memengaruhi suasana hati dan fungsi otak. Penelitian pada 2019 menemukan bahwa air putih dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat, serta suasana hati. Penelitian itu menunjukkan minum air meningkatkan aktivitas otak dan juga mengurangi kecemasan.

4. Membantu redakan sembelit

Dehidrasi adalah penyebab umum sembelit. Dalam banyak kasus, minum air putih merupakan cara yang efektif untuk meredakan dan mencegah sembelit. Tetap terhidrasi membantu feses lebih mudah dikeluarkan. Minum air hangat di pagi hari secara teratur dapat membantu pergerakan usus tetap teratur.

5. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Institute of drugs merekomendasikan bagi wanita untuk mengonsumsi 2,3 liter air dan pria 3,3 liter air per hari. Angka-angka itu termasuk air dari makanan seperti buah-buahan, dan sayuran. Minum air hangat di pagi hari maupun air dingin bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

6. Mengurangi rasa menggigil saat kedinginan

Sebuah studi pada 2017 menemukan minum air hangat dapat membantu mengurangi rasa menggigil ketika dingin. Para peneliti juga menemukan bahwa minum air hangat membantu menjaga suhu tubuh.

7. Meningkatkan sirkulasi

Mandi air hangat membantu organ peredaran darah baik arteri dan vena agar membawa darah dengan lebih efektif ke seluruh tubuh Anda. Minum air hangat di pagi hari mungkin memiliki efek serupa.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa hal tersebut cukup efektif. Sebagai tambahan, kehangatan dari minum atau mandi air hangat di malam hari dapat membantu membuat rileks untuk tidur lebih nyenyak.

8. Dapat turunkan tingkat stres

Minum air hangat membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, rasa cemas dan stres. Studi pada 2014 menemukan bahwa kurang minum air dapat mengurangi perasaan tenang, kepuasan, dan emosi positif. Oleh karena itu, minum banyak air putih dapat meningkatkan suasana hati dan membuat tubuh lebih rileks.

9. Membuang racun dalam tubuh

Meskipun belum ada bukti pasti bahwa minum air hangat di pagi hari memiliki manfaat khusus sebagai detoksifikasi, sebuah studi pada 2020 menemukan bahwa minum lebih banyak air dapat membantu melindungi ginjal sambil mengencerkan bahan limbah dalam darah. Konsumsi air putih membantu melawan peradangan, menjaga sendi tetap terlumasi dengan baik, dan mencegah asam urat.

10. Dapat membantu meredakan gejala akalasia

Akalasia adalah kondisi di mana kerongkongan mengalami kesulitan memindahkan makanan ke dalam perut. Orang dengan akalasia mengalami kesulitan menelan. Studi pada 2012 menemukan bahwa minum air hangat dapat membantu orang dengan akalasia mencerna dengan lebih nyaman.

 

---------------------<< Semoga Bermanfaat >>---------------------


LihatTutupKomentar