TIPS AGAR TUBUH TETAP SEHAT DAN FIT SAAT BERPUASA



Berpuasa merupakan salah satu rukun islam yang bagi umat muslim diwajibkan untuk berpuasa tidak makan dan minum dari terbit fajar hingga tenggelam matahari. Selain itu berpuasa juga merupakan suatu cara untuk melakukan proses detoksifikasi atau pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh secara alami. Namun proses detoksifikasi ini tidak akan maksimal jika tidak diimbangi dengan penerapan gaya hidup yang sehat selama puasa. Itu sebabnya asupan makanan saat sahur dan berbuka serta kebiasaan yang dilakukan selama puasa sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini dilakukan agar tubuh tetap sehat dan fit saat puasa.
Namun saat puasa, ada beberapa keluhan kesehatan yang kerap menghampiri, seperti sembelit dan dehidrasi. Kondisi itu timbul karena akibat perilaku yang tidak sehat yang dilakukan tanpa sadar dan menjadi kebiasaan selama berpuasa, seperti kebiasaan makan sahur yang banyak, makan yang berlebihan pada saat berbuka, kurangnya konsumsi buah-buahan dan sayuran, tidur seharian sampai tidak berolahraga. Untuk menghindari kebiasaan kurang sehat tersebut, perlu pengaturan makan dan minum pada saat sahur atau berbuka puasa, agar tubuh kita tetap sehat dan segar sepanjang hari selama berpuasa.
Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang bisa lakukan selama bulan Ramadhan agar tubuh tetap sehat dan fit saat puasa :
1.    Jangan melewatkan sahur
Cara paling sederhana untuk tetap sehat dan fit saat puasa adalah jangan pernah melewatkan sahur. Sama seperti sarapan pagi, sahur adalah bagian yang terpenting untuk menambah asupan energi selama seharian sampai tiba waktu berbuka. Makanlah yang benar saat sahur dengan memperhatikan asupan nutrisi seimbang dari karbohidrat kompleks, serat dan protein. Asupan makanan yang mengandung serat tinggi berasal dari kurma, biji-bijian, kentang, sayuran dan hampir semua buah terutama aprikot, plum, pepaya dan pisang. Sedangkan asupan protein bisa di dapatkan dari telur, keju, yoghurt atau daging rendah lemak yang dapat membantu menambah energi sepanjang hari.

2.    Penuhi kebutuhan cairan
Sebagaian besar tubuh kita terdiri dari air, dan kita membutuhkan jumlah yang sama dengan air yang terbuang saat kita berpuasa. Minumlah setidaknya 8-12 gelas air putih sehari. Anda bisa memenuhi cairan tersebut saat berbuka puasa hingga saat sahur agar membantu tubuh tetap terhidrasi.

3.    Hindari kafein saat sahur
Senyawa kafein bersifat diuretik yang membuat kita lebih sering buang air kecil, sehingga cairan dalam tubuh cepat hilang. Cobalah mengurangi minuman berkafein secara berlebihan selama bulan Ramadan.

4.    Konsumsi kurma saat berbuka
Biasakan untuk menyantap satu sampai tiga butir kurma dan meminum segelas air putih terlebih dahulu begitu adzan Maghrib berkumandang. Jangan langsung menyantap makanan besar setelah seharian kelaparan, karena biasanya Anda malah akan mengonsumsi lebih banyak kalori.

5.    Lihat Al-Quran
Jamilah menyarankan kita melihat ayat-ayat di Al-Quran apabila tidak yakin makanan apa saja yang baik disantap saat berpuasa. Di situ disebutkan, Rasullah SAW selalu mengonsumsi susu, kurma, domba, dan gandum agar tubuhnya tetap sehat selama berpuasa. Tentunya, diimbangi dengan buah-buahan seperti zaitun, mentimun, buah ara, anggur, dan lentil.

6.    Makan secukupnya
Selama Ramadan, waktu yang paling dinanti adalah waktu berbuka. Namun sayangnya banyak orang yang justru langsung memakan banyak makanan saat berbuka sehingga akan membuat perut kembung dan begah. Itu sebabnya berbuka puasalah dengan makan secukupnya. Anda bisa makan secara bertahap, saat berbuka makanlah makanan yang ringan seperti salad buah, es buah, kurma, atau air putih. Nah selang beberapa jam kemudian, barulah makan besar.

7.    Hindari makanan berminyak
Menu gorengan untuk berbuka puasa memang menggoda sekali. Tapi ada baiknya Anda menghindari segala bentuk makanan yang digoreng dengan minyak dalam jumlah banyak. Pasalnya, makanan ini dapat meningkatkan risiko kenaikan kolestrol dalam tubuh Anda.

8.    Kurangi makanan dan minuman yang manis
Makanan atau minuman manis memang penting dikonsumsi saat berbuka untuk menormalkan gula darah. Namun, Anda harus memperhatikan porsi makanan atau minuman manis yang dikonsumsi. Apalagi jika rasa manis tersebut terbuat dari gula. Pasalnya, tanpa disadari, minuman dan makanan manis yang kita konsumsi secara rutin selama bulan Ramadan jutru dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Anda harus ingat, untuk memastikan tubuh sehat dan fit saat Ramadan, maka energi yang dikeluarkan harus lebih banyak daripada energi yang masuk.

9.    Tidur yang cukup
Karena kita akan bangun untuk sahur, usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya. Misalnya sesudah sholat taraweh. Sebab, kurang tidur memengaruhi kinerja otak  dan dapat menyebabkan sejumlah penyakit dalam jangka panjang, serta risiko obesitas mengintai.

10.    Olahraga
Puasa bukan berarti menjadi halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Anda dapat melakukan olahraga dengan intesitas ringan sampai sedang setelah berbuka puasa, saat tubuh sudah terpenuhi asupan energinya. Lakukan olahraga selama minimal 30 menit dengan cara seperti jalan kaki, bersepeda, jogging ataupun latihan lain yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membaca terimakasih ................... ^_^
Semoga sehat selalu aamiin



LihatTutupKomentar