MANFAAT TANAMAN BAWANG PUTIH DAN BANDOTAN BAGI KESEHATAN

 BAWANG PUTIH (Allium sativum L)

 1.      Nama Daerah.

Garlic (inggirs), bawang bodas (sunda), kasuna (bali), bawa sabudo (Maluku).

2.      Bagian tanaman yang digunakan.

Umbi.

3.      Manfaat.


a.      Hipertensi.

Bahan : dua sampai tiga siung bawang putih.

Pengobatan : bawang putih dikupas, dicuci dan dikunyah dan ditelan dengan air hangat. Gunakan ramuan ini tiga kali sehari.

b.      Cacingan.

Bahan : 3 siung bawang putih.

Pengobatan : bawang putih dikupas, dicuci , dikunyah sampai halus, dan ditelan bersama air hangat. Lakukan satu sampai 2x sehari.

c.       Wasir.

Bahan : bawang putih.

Pengobatan : bawang putih dikupas, dicuci dan dilumatkan lalu diperas. Air perasan dioleskan disekitar anus setiap hari.

 

 

BANDOTAN (Ageratum conyzoides L)

 

1.      Nama Daerah.

Babadotan (sunda)

2.      Bagian tanaman yang digunakan.

Tanaman.

3.      Manfaat.


a.      Sakit Telinga Tengah Akibat Radang

Cuci tanaman bandotan segar secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Hasilnya peras dan saring.Gunakan air perasan yang terkumpul untuk obat tetes telinga.Sehari 4 kali, setiap kali pengobatan sebanyak 2 tetes.

b.      Luka Berdarah, Bisul dan Eksim

Cuci tanaman bandotan segar secukupnya sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Turapkan ramuan ke bagian tubuh yang sakit, lalu balut dengan perban.Dalam sehari, ganti balutan 3 – 4 kali.Lakukan pengobatan ini sampai sembuh.

c.       Bisul dan Borok

Cuci satu tumbuhan bandotan segar sampai bersih. Tambahkan sekepal nasi basi dan seujung sendok teh garam, lalu giling sampai halus.Turapkan ke tempat yang sakit, lalu balut dengan perban.

d.      Rematik, Bengkak Karena Keseleo

Sediakan satu genggam daun dan batang muda tumbuhan bandotan segar, satu kepal nasi basi, dan ½ sendok teh garam. Selanjutnya, cuci daun dan batang muda sampai bersih, lalu tumbuk bersama nasi dan garam.Setelah menjadi adonan seperti bubur kental, turapkan ramuan ke bagian sendi yang bengkak sambil di balut. Biarkan selama 1 – 2  jam, lalu balutan dilepaskan. Lakukan perawatan seperti ini 2 – 3 kali sehari.

e.       Perdarahan Rahim, Sariawan, Bisul, Bengkak Karena Memar

Rebusan 30 – 60 gram tanaman bandotan kering segar atau 15 – 30  gram tanaman kering dalam tiga gelas air sampai tersisa menjadi 1 gelas. Selain direbus, tanaman segar dapat ditumbuk. Air rebusan atau air perasannya diminum 1 gelas sehari.

f.       Sakit Tenggorokan.

Cuci 30 – 60 gram daun bandotan segar sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Selanjutnya, peras dan saring.Tambahkan larutan gula batu ke dalam air perasan secupuknya dan aduk sampai rata.Minum ramuan dan lakukan 3 kali sehari.

g.      Malaria, Influeza

Rebus 15 – 30 gram herba bandotan kering dalam dua gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus.Lakukan dua kali sehari.

h.      Perut Kembung, Mulas, Muntah

Cuci satu buah tumbuhan bandotan ukuran sedang sampai bersih, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus.Lakukan pengobatan ini 2 – 3 kali sehari sampai sembuh.

i.        Perawatan Rambut

Cuci, daun dan batang bandotan segar sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Oleskan hasil tumbukan ke seluruh kulit kepala dan rambut.Tutup kepala dengan sepotong kain.Biarkan selama 2 – 3 jam.Selanjutnya, bilas dengan air hangat dan keramas sampai bersih.Lakukan perawatan rambut ini satu sampai dua kali seminggu.



     ---------------------------------------------<< Semoga Bermanfaat >>--------------------------------------

 

LihatTutupKomentar