MANFAAT TANAMAN CENGKEH, CIPLUKAN, DAUN DEWA DAN DAUN WUNGU BAGI KESEHATAN


CENGKEH (Eugenia aromatic L)

 

1.      Nama Daerah.

Cengkeh (sunda), wunga lawang (bali), cangkih (lampung), clove  (inggris)

2.      Bagian tanaman yang digunakan.

Daun , bunga.

3.      Manfaat.

a.      Sakit gigi.

Bahan : beberapa lembar daun cengkeh.\

Pengobatan : daun cengkeh dicuci, diseduh dengan air mendidih dan dilumatkan. Air rebusan diperas dengan kain.Kapas dibasahi dengan cairan perasan dan dijejalkan ke lubang gigi yang sakit.

b.      Demam malaria.

Bahan : 3 bunga cengkeh, 4 iris tamulawak, 5 herba meniran, 1 potong kayu manis berukuran 5 cm.

Pengobatan : semua bahan dicuci dan direbus dengan segelas air sampai air tinggal setengah. Air rebusan diminum.

c.       Batuk.

Bahan : 10 bunga cengkeh, 20 helai daun sirih, dan 1 daging buah pala.

Pengobatan : bahan-bahan dicuci bersih. Pala dimemarka. Semua bahan direbus dengan tiga gelas air sampai air tinggal setengah. Ramuan dibiarkan dingin dan diminum 3x sehari sebanyak empat sendok makan.Untuk anak-anak cukup diminum 2 sendok makan. Setiap akan diminum dapat ditambahkan perasan air jeruk nipis.

 

CIPLUKAN (Physalis angulata)

 

1.      Nama Daerah.

Cecendet (Sunda)

2.      Bagian tanaman yang digunakan.

Daun, tanaman.

3.      Manfaat.

a.      Kencing Manis

Rebus tanaman ciplukan kering (5 – 10 gram) dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan bagi untuk 2 kali minum, pagi dan sore.

b.      Bisul

Cuci daun ciplukan secukupnya, giling sampai halus.Turapkan pada bisul dan sekelilingnya, lalu balut.Ganti 2 kali sehari.

c.       Borok

Cuci daun ciplukan 1 genggam, lalu giling halus.Tambahkan air kapur sirih 1 sendok teh sambil diaduk merata.Turapkan pada borok, lalu balut.Ganti 2 kali sehari.

d.      Hipertensi

5 g ceplukan kering dimasukan ke dalam air 110 ml rebus ceplukan tersebut selama 10 -15 menit sambil sesekali diaduk,selanjutnya saring dan dinginkan, diminum 2 x sehari pagi dan sore masing-masing 100 ml.


DAUN DEWA (Gynura segetum)

 

1.      Nama daerah.

Daun Dewa, Baladewa

2.      Bagian tanaman yang digunakan

Daun.

3.      Manfaat.

a.      Batuk

Sebatang tumbuhan daun dewa dengan berat sekitar 15 gram dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa separonya. Setelah dingin dibagi untuk 3 kali minum, yaitu pagi, siang dan sore masing-masing ½ gelas.

b.      Bisul

Tanaman daun dewa dan daun sosor bebek keduanya yang segar dengan ukuran sama banyak dicuci bersih lalu ditumbuk, ramuan ini ditempelkan pada bisul lalu dibalut. 

c.       Kutil

Tanaman daun dewa yang segar dicuci bersih lalu ditumbuk, ramuan ini ditempelkan pada kutil lalu dibalut, ganti 2 kali sehari.


DAUN WUNGU (Graptophyllum pictum)

 

1.      Nama Daerah.

Handeuleum

2.      Bagian tanaman yang digunakan.

Daun, bunga.

3.      Manfaat.

a.      Wasir

Daun wungu sebanyak 10 gram dicuci bersih lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring minum pagi dan sore hari masing-masing ½  gelas.

b.      Datang Haid Tidak Lancar

Bunga daun wungu kering sebanyak 1 genggam orang dewasa diseduh dengan 5 gelas air panas.Minum seperti teh, pada waktu menjelang haid.

c.       Sakit Telinga

Daun wungu segar dicuci bersih lalu dibilas dengan air matang. Tumbuk sampai halus lalu peras.Air yang terkumpul digunakan untuk menetesi telinga yang sakit.

d.      Sembelit

Daun wungu segar sebanyak 7 lembar dicuci bersih. Tambahkan 2 gelas air bersih direbus sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring lalu diminum sekaligus.




                 -----------------------------------<< Semoga Bermanfaat >>------------------------------

 

 

LihatTutupKomentar