7 MANFAAT DAUN PANDAN BAGI KECANTIKAN, BISA CEGAH PENUAAN DINI


 

Manfaat daun pandan sangat beragam untuk kesehatan tubuh manusia. Namun perlu diketahui bahwa daun pandan juga memiliki manfaat yang sangat berguna untuk kecantikan kulit Anda. Daun pandan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, itu semua lantaran jenis daun ini sangat mudah ditemukan.

Kebanyakan, daun pandan digunakan untuk menambah aroma harum pada sebuah masakan dan juga minuman. Daun pandan juga mengandung ragam nutrisi di dalamnya. Mulai dari senyawa seperti flavonoid, polifenol, saponin, alkaloid hingga glikosida. Manfaat daun pandan bagi kecantikan memang belum banyak diketahui.

Namun, keberadaannya sudah banyak sekali digunakan sebagai campuran mulai dari scrub, lotion, ice balm, masker hingga serum wajah. Nah bagi Anda yang belum mengetahui ragam manfaatnya bagi kecantikan,

Berikut adalah 7 manfaat daun pandan bagi kecantikan yang sudah dikutip dari The-benefits dan Dr health benefits.

Cegah Penuaan Dini

Manfaat daun pandan bagi kecantikan yang pertama dapat Anda petik adalah mampu mencegah penuaan dini. Adanya kandungan antioksidan dalam jumlah tinggi, membuat daun pandan bermanfaat mencegah penuaan dini. Sebab, kandunan antioksidan tersebut akan memiliki fungsi menangkal radikal bebas dan mempercepat regenerasi sel kulit.

Sehingga mampu menghambat proses penuaan dini pada kulit ataupun wajah Anda. Jika ingin mendapatkan manfaat ini, Anda cukup menghaluskannya dan kemudian aplikasikan ke wajah sebagai masker.

Hilangkan Komedo

Manfaat selanjutnya dari daun pandan untuk kecantikan adalah dapat mengatasi masalah komedo yang amat membandel. Adanya komedo tersebut mampu membuat penampilan Anda terganggu. Apabila dibiarkan secara terus-menerus maka komedo akan mengalami infeksi sehingga mengakibatkan munculnya kemerahan pada kulit bahkan jerawat.

Namun semua masalah tersebut sebenarnya bisa diatasi, dengan cara mengolah daun pandan menjadi masker wajah. Siapkan 1/2 sendok teh air perasan daun pandan, 1 sendok teh madu, 1 buah pisang dan 1/4 sendok teh minyak zaitun. Haluskan semua bahan serta campur hingga menjadi pasta kental, baru oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

Hilangkan Flek Hitam Pada Kulit

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan daun pandan untuk mengatasi masalah flek hitam atau bercak hitam pada kulit. Caranya cukup mudah yakni dengan menjadikan perasan air pandan yang dicampur dengan madu, jeruk nipis, pisang dan minyak zaitun.

Campur semua bahan hingga menjadi sebuah masker. Kemudian Anda bisa mengaplikasikan dengan merata pada bagian wajah. Gunakan secara rutin sebanyak tiga kali dalam satu minggu.

Atasi Ketombe

Daun pandan ini juga sangat berguna untuk memelihara kesehatan rambut Anda, salah satunya untuk mengatasi masalah ketombe. Ketombe yang ada akan menyebabkan kulit kepala terasa gatal dan mengganggu. Nah Anda bisa menggunakan daun pandan karena sangat efektif untuk mengatasinya.

Haluskan daun pandan yang sudah dicuci bersih, lalu campurkan dengan air dan oleskan campurannya ke seluruh kulit kepala Anda. Jangan lupa untuk mendiamkannya selama 30 menit sebelum dibersihkan dan dibilas dengan air. Lakukan perawatan rambut dengan sari daun pandan dengan teratur.

Angkat Kulit Mati

Selain itu, daun pandan ini juga sangat efektif untuk mengangkat kulit mati yang Anda miliki. Cukup dengan menghaluskan daun pandan hingga menjadi sebuah scrub.

Tambahkan campuran minyak zaitun ataupun madu ke dalamnya. Gosokkan pada kulit tubuh secara melingkar dan diamkan selama 3 menit lamanya. Bilas dengan menggunakan air dingin.

Cegah Kerontokan

Manfaat daun pandan berikutnya yang bisa Anda dapatkan adalah untuk menjaga kesehatan rambut dengan cara mencegah masalah kerontokkan. Caranya pun amatlah mudah, yakni dengan menyiapkan sebanyak 1 lembar daun pandan saja, 10 daun kembang sepatu, 1 bunga mawar dan 10 bunga melati.

 Tambahkan setengah cangkir minyak kelapa, minyak kemiri dan juga minyak wijen. Kemudian rebus campurannya hingga mendidih dan saring. Langkah selanjutnya, Anda bisa mengoleskan ramuan ke rambut serta kulit kepala dengan merata. Jangan lupa untuk melakukannya di malam hari menjelang tidur dan terapkan secara rutin, minimal 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Detoksifikasi

Manfaat daun pandan yang terakhir adalah mampu disulap menjadi minuman dan berguna untuk mendetoksifikasi racun-racun dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa daun pandan memiliki kemampuan membersihkan liver dari berbagai racun yang berhasil masuk.

Sehingga, dengan begitu, ini akan bermanfaat dan membuat kulit Anda jauh terlihat lebih sehat. Selain itu, kulit Anda akan juga nampak lebih berseri dari sebelumnya.

 

Nah itu tadi 7 manfaat daun pandan bagi kecantikan yang jarang sekali diketahui oleh banyak orang. Diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan Anda mengenai manfaat daun pandan yang juga berguna untuk kecantikan kulit Anda dan jangan lupa untuk mencobanya. Selama mencoba.

 

 

 

-----------------------------<< Semoga Bermanfaat >>-----------------------------


LihatTutupKomentar